LIP

Peneliti Ungkap Fakta Efektivitas Vaksin Dalam Membentuk Kekebalan Tubuh, Banyak Hal Berpengaruh

Abinader sebelumnya telah menerima dua dosis vaksin corona buatan Cina, Sinovac. Para pejabat di masing-masing negara akan memutuskan untuk menyetujui atau tidak menyetujui penggunaan vaksin secara nasional dan menyusun kebijakan penggunaan vaksin di negara mereka berdasarkan rekomendasi WHO. Menerima dua dosis vaksin COVID-19 akan memberikan tubuh perlindungan yang maksimal terhadap kemungkinan infeksi dan komplikasi akibat virus Corona. Tak hanya itu, partisipasi Anda dalam program vaksinasi ini juga akan mempercepat pembentukan herd immunity guna mengakhiri pandemi COVID-19. Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi.

Vaksin COVID-19 tersebut dinyatakan aman digunakan anak usia tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai. Apakah benar vaksinasi COVID-19 merupakan langkah terbaik untuk menghentikan pandemi COVID-19? Indonesia menjadikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebagai bagian dari strategi penanggulangan pandemi COVID-19, dimana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Nama vaksin covid-19 ini sudah sangat sering terdengar di tanah air, bahkan menjadi program vaksinasi perlindungan kesehatan untuk para lansia. Secara medis vaksin covid-19 ini terbuat dari virus Corona (SARS-CoV-2) yang telah mati. Menurut para peneliti vaksin ini efektif untuk berbagai jenis orang dan variabel yang berbeda, termasuk usia, jenis kelamin, ras, etnis, dan indeks massa tubuh atau adanya kondisi medis lainnya. Sedangkan untuk pemberian vaksin dosis pertama, Sinovac tercatat bisa mencegah infeksi virus Corona sampai 13 persen pada hari ke-14 setelah penyuntikan. Selanjutnya, pemberian dosis pertama akan mencegah perawatan Covid-19 sampai 53 persen pada hari ketujuh setelah penyuntikan. Hasilnya, virus corona varian Lambda memiliki infektivitas yang lebih tinggi dan dinetralisir oleh serum pemulihan.

Apakah vaksin covid efektif

Efikasi didapat dari uji klinis fase three, dengan menghitung risiko terjadinya penyakit pada kelompok orang yang mendapat vaksin dan yang tidak mendapat vaksin. Sedangkan, dua dosis vaksin AstraZeneca memiliki efektivitas sebesar 60 persen melawan COVID-19 varian India, dan sixty six persen melawan strain dari Inggris. Bahkan menurut analisa yang dirilis FDA pada akhir Februari, ada 64% kemanjuran secara keseluruhan dan 82% kemanjuran terhadap penyakit parah di Afrika Selatan, di mana varian Beta pertama kali terdeteksi. Namun tetap perlu lebih banyak data untuk menentukan efektivitas vaksin terhadap varian Delta.

• Terakhir, vaksin harus didistribusikan melalui proses logistik yang kompleks, dengan manajemen stok dan pengelolaan suhu yang ketat. Tak hanya itu, mutasi COVID B.1.351 diduga dapat mengancam kekebalan alami yang dikembangkan oleh penyintas COVID-19. Nah, hal ini tentu jadi masalah besar untuk Indonesia dan negara tropis lainnya, bahkan juga di negara yang lebih dingin suhunya, karena akan memerlukan “a very advanced distribution plan”. [newline]Apalagi, kalau diingat bahwa vaksin ini harus diberikan dua kali dalam rentang waktu beberapa pekan. Artinya, petugas harus datang ke lokasi penyuntikan dengan vaksin yang tersimpan dalam suhu minus 70 derajat Celsius, lalu balik lagi beberapa pekan kemudian dengan suhu “ultra cold” yang tetap terjaga. Ia menjelaskan, antibodi alamiah atau natural yang aktif terjadi ketika seorang menjadi penyintas Covid-19. Karena itu, setelah three bulan penyintas disarankan untuk melakukan vaksinasi agar antibodinya semakin tinggi.

Uji klinis skala besar dari vaksin Pfizer-BioNTech menemukan efektivitas vaksin ninety five persen terhadap versi asli dari virus corona baru. Kondisi uji klinis sifatnya optimum dan terkendali, baik dari penyiapan vaksinnya, maupun dari faktor orang yang mendapat vaksinnya, yaitu orang yang sehat dan memenuhi berbagai kriteria yang ditentukan peneliti. Tim vaksin Oxford-AstraZeneca menyebutkan bahwa dua dosis vaksin ini mampu melindungi tubuh dari varian Alpha, dengan efikasi hingga 76 Bandar Slot Online persen. Sedangkan pada mutasi virus vaksin Novavax vaksin ini 93% efektif melawan varian Alpha. Penelitian ini dilakukan pada AS dan Meksiko, ketika Alpha sedang dominan di AS, untuk varian Delta sendiri masih dilakukan penelitian. Vaksin ini, yang saat ini didistribusikan pada Inggris Raya dan negara-negara lainnya.