Efek vaksinasi covid

Jokowi Tegaskan Harga Vaksin Mandiri Harus Terjangkau

Sesuai dengan Peraturan Presiden berkaitan dengan pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi COVID-19, IHC dan Grup RS di bawahnya tidak memiliki wewenang dalam pengadaan vaksin. Seluruh program vaksin adalah di bawah kewenangan Kementerian Kesehatan dan sampai saat press release ini diterbitkan belum ada peraturan resmi berkaitan dengan program vaksin mandiri. Kadin, sebagai perwakilan pengusaha Indonesia berharap harga vaksin yang harus dibayarkan terjangkau. Ketiga, jika vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta, tarif yang berlaku tidak boleh melebihi batas maksimal yang sudah ditetapkan menteri.

Disebutkan bahwa harga pembelian vaksin yang dipatok merupakan harga tertinggi per dosis yang dibeli oleh badan hukum/badan usaha, termasuk keuntungan 20 persen dan biaya distribusi ke kabupaten/kota. Jokowi mengatakan, pengadaan vaksin juga harus memperhatikan hitung-hitungan secara cermat. Memang, pemerintah dalam mengadakan vaksin, ada yang gratis dibiayai pemerintah dan ada pula dipatok harga atau dikenal vaksin mandiri.

“Tak hanya harga terjangkau, mereka yang menjalani vaksinasi mandiri juga harus diberi kemudahan akses memperoleh dan membeli vaksin,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo. “Untuk harga vaksin belum bisa ditentukan karena kita masih menunggu harga resmi dari pemerintah” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani dikutip dariMediaindonesia.com, Rabu, 24 Maret 2021. JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani menyatakan, tarif vaksin gotong royong akan dipungut sebesar Rp1 juta. Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi daftar harga pelayanan vaksin Covid-19 itu benar dikeluarkan RS Pelni pada Selasa 2 Februari 2021.

Dalam penjualan vaksin corona nanti akan dilakukan lewat beberapa channel baik online maupun offline. Menteri BUMN Erick Thohir mengetuk pintu hati masyarakat mampu agar membayar sendiri vaksin Covid-19, dimana diakuinya beban pemerintah sudah sangat besar. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan untuk pendaftaran vaksin Covid-19 mandiri masih menunggu izin Kementerian Kesehatan . Pemerintah diharapkan tidak mengabaikan faktor kondisi ekonomi masyarakat saat ini.

Namun, merujuk pemberitaan Reuters pada 12 Februari 2021, Senegal telah membayar sekitar three,seventy two juta dolar AS untuk 200 ribu dosis vaksin Sinopharm. Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengatakan harga vaksin COVID-19 mandiri atau berbayar harus terjangkau bagi masyarakat. Idealnya berdasarkan rekomendasi BPKN, harga vaksin tertinggi adalah tidak lebih dari Rp100 ribu per dosisnya. JAKARTA – Pemerintah pusat akan terus mendorong industri padat karya untuk mendapatkan vaksin gotong royong.

Harapan kami, tentu saja biaya yang akan dikeluarkan untuk vaksinasi ini bisa seminimum mungkin. Pemerintah bisa memberikan harga yang paling baik lah untuk perusahaan,” ucap dia. Seiring dengan itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W Kamdani menerangkan, Kadin menutup sementara pendaftaran vaksinasi mandiri, karena menunggu kepastian dari Bio Farma.

Harga vaksin mandiri

“Untuk vaksin dengan dua dosis per orang, vaksin pertama dan kedua harus sama,” ujar Honesti. Berdasarkan keterangan tertulis dari PT Pertamina Bina Medika IHC, selaku holding yang menaungi RS Pelni, informasi mengenai layanan vaksin COVID-19 RS Pelni tersebut sempat dikeluarkan oleh RS Pelni pada 2 Februari 2021. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan, jumlah pengaduan warga ke E-Sambat sejak pertama kali diluncurkan mencapai seventy three pengaduan. Pihaknya juga sudah melakukan pertemuan dengan para anggota lainnya dan sebagain besar masih menunggu vaksin dari pemerintah.

Ketua Komisi I Badan Perlindungan Konsumen Nasional Anna Maria Tri Anggraini mengusulkan harga maksimal atau batas atas yang ideal untuk vaksin Covid-19 mandiri sebesar Rp100 ribu. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyambut baik aturan tersebut. Meski begitu, harga pengadaan vaksin Covid-19 antara BUMN dan swasta berada pada angka wajar. Tak hanya itu, Airlangga juga mengatakan vaksin gotong royong ini bisa diberikan pada pekerja yang memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas dan KITAP . Lebih lanjut, Airlangga pun menjelaskan bahwa vaksin gotong royong ini akan diprioritaskan berdasarkan zonasi prioritas juga pada perusahaan-perusahaan yang sudah mendaftarkan diri ke Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir meminta kaum berduit di Indonesia untuk memilih membeli vaksin Covid-19 secara mandiri. Data yang harus dikumpulkan perusahaan paling tidak memuat jumlah, nama, alamat, dan nomor induk kependudukan. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.

Kadin mengusulkan sejumlah perusahaan swasta di sektor farmasi yang memiliki infrastruktur untuk distribusi vaksin. Namun Shinta menyebutkan pihaknya sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PT Biofarma selaku induk perusahaan BUMN holding farmasi yang akan mengimpor vaksin terkait sistem distribusi dan juga harga jual vaksin. Proses distribusi hingga vaksinasi vaksin Covid-19 akan dilakukan secara online atau digital. Masyarakat yang ingin membeli vaksin mandiri, diharuskan melakukan pre-order di aplikasi. Karena itu, dia meminta pemerintah memastikan harga vaksin Virus Corona benarbenar bisa terjangkau oleh semua kalangan. Ditegaskan dalam pasal 7 ayat four, jenis Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Mandiri harus berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi program pemerintah.