Efek vaksinasi covid

Streaming Mui Keluarkan Fatwa Halal Vaksin Covid

Vaksin merupakan salah satu jalan keluar yang dinilai berperan penting agar dunia bisa segera terlepas dari belenggu pandemi ini. Dinyatakan haram karena dalam proses pembuatannya memanfaatkan enzim yang berasal dari babi. Menteri Tjahjo juga menyesalkan adanya oknum ASN yang mencari kesempatan untuk meraup keuntungan pribadi di tengah pandemi. “Vaksinasi Covid-19 adalah program nasional yang harus kita dukung. ASN harus menjadi contoh, bukan bersikap sebaliknya,” tuturnya. “Kami akan memperkuat kemampuan kami untuk melawan pandemi dan merespons ancaman biologi masa depan,” kata Biden dalam konferensi pers bersama dengan Moon, 21 Mei 2021.

Pasal 33 UU JPH mengatur bahwa penetapan kehalalan produk dilakukan oleh MUI melalui pelaksanaan Sidang Fatwa Halal. Ketentuan yang sama ditegaskan juga dalam pasal 33 UU Cipta Kerja, bahwa penetapan kehalalan produk dikeluarkan oleh MUI melalui Sidang Fatwa Halal. Dilansir dari The New York Times, vaksin kembangan AstraZeneca-Oxford ini diklaim memiliki kemanjuran atau efikasi sebesar 82,4 persen. MUI mengizinkan pengunaan vaksin dengan beberapa alasan termasuk jika terpaksa dilakukan. Tetapi budaya tabu masih terjadi yang berakibat pada tingkat vaksinasi yang rendah, kata Howard. “Studi kami menemukan bahwa sebagian muslim di Indonesia merasa tidak nyaman menerima vaksinasi yang ada kandungan tersebut,” tambahnya, bahkan ketika otoritas muslim mengeluarkan pernyataan pedoman perizinan, ujarnya lebih lanjut sebagaimana dikutip dari AP.

Niam pun menjelaskan, prinsip pemberian sertifikasi halal atau tidak dalam kondisi darurat seperti ini, itu sama halnya dengan pertimbangan dalam pemberian izin penggunaan darurat yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan . Selain mempertanyakan keefektifannya, sebagian orang juga masih meragukan kehalalan vaksin tersebut. Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena sertifikasi halal vaksin COVID-19 sudah diterbitkan oleh MUI. Oleh karena itu, kita sebetulnya tak memerlukan fatwa untuk kehalalan vaksin. Majelis Ulama Indonesia tak perlu repot-repot bersidang untuk menerbitkan fatwa halal bagi vaksin covid-19.

Apakah vaksin covid halal

Beberapa perusahaan telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan produk vaksin bebas dari kandungan babi. Pendapat yang diterbitkan awal bulan ini, mengutip fatwa sebelumnya yang mengatakan bahwa “jika tidak ada alternatif, produk yang mengandung bahan terlarang masih dapat digunakan untuk pengobatan karena tujuannya untuk menyelamatkan nyawa.” Gelatin yang berasal dari daging babi telah banyak digunakan sebagai penstabil, untuk memastikan vaksin tetap aman dan efektif selama penyimpanan dan pengangkutan.

Di Indonesia, pemerintah sudah menyatakan akan melibatkan MUI dalam pengadaan vaksin COVID-19 dan proses sertifikasi. “Komunikasi publik mengenai status halal, harga, kualitas dan distribusinya harus disiapkan dengan baik,” ungkap Presiden Indonesia Joko Widodo belum lama ini. Juru bicara Pfizer, Moderna dan AstraZeneca menyatakan, produk babi tidak ada dalam vaksin COVID-19 buatan mereka.

Azhar menjelaskan fatwa kehalalan vaksin Covid-19 diperoleh setelah MUI melakukan riset dan koordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan . JAKARTA, KOMPAS — Vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China, yang disiapkan pemerintah dinyatakan halal dan suci. Penilaian itu diputuskan dalam sidang pleno Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia.

Sebab, herd immunitybisa diwujudkan jika sudah dilakukan vaksinasi dalam waktu relatif singkat. Pihaknya meminta masyarakat menyukseskan program vaksinasi untuk menghentikan pandemi secepat mungkin. Menurut Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah, keputusan vaksin covid-19 tak perlu halal justru untuk menghilangkan kekhawatiran kaum muslim ketika divaksinasi. Dengan logika terbalik, keperluan akan fatwa halal vaksin covid-19 malah menghadirkan kekhawatiran kaum muslim di Indonesia.