Sukses Di Usia Muda

Satu Rt Di Jaksel Mini Lockdown Usai 17 Warganya Covid

“Pemerintah tidak akan melakukan lockdown karena ekonomi, tapi itu kasusnya akan nambah terus,” ucap Tri. Sependapat dengan Anies, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran juga turut mengingatkan masyarakat mengenai situasi Ibu Kota sejak terjadi lonjakan kasus Covid-19. Pihak Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Kemayoran bahkan harus menambah kapasitas tempat tidur untuk menampung pasien Covid-19.

Masyarakat Indonesia masih saja tidak peduli dengan keselamatan bangsa dan negara, ujar Irma. Selain itu, penekanan opsi ketiga ini juga bisa dilakukan dengan penggabungan PPKM dan lockdown akhir pekan. Artinya, PPKM diterapkan dan pada akhir pekan diberlakukan lockdown di Jakarta. “Memang faktanya pada Sabtu-Minggu karena perkantoran tutup, banyak warga Jakarta yang melakukan aktivitas di luar rumah.

“Warga setempat masih memberlakukan protokol kesehatan ketat untuk memastikan kampung ini bebas dari Covid-19,” jelas dia. Kendati demikian, kata Azis, warga yang menjalani isolasi mendiri tetap terpenuhi kebutuhan dasarnya. Caranya lewat bantuan makanan dari dapur umum yang digerakkan oleh warga. Azis menerangkan, akses keluar masuk RT tersebut kini hanya tersisa di satu titik. Setiap orang yang keluar-masuk hanyalah mereka yang sehat dan dilakukan pendataan.

Sedangkan untuk kegiatan belajar mengajar di zona merah dilaksanakan secara online. Sedangkan sektor esensial dan fasilitas rumah sakit masih sama beroperasi 100 persen. Saat ini, Anies hanya mengeluarkan kebijakan bekerja dari rumah atau do business from home menjadi 75 persen untuk perkantoran yang berada di zona merah.

Dia pun berharap, setiap pengorbanan yang dilakukan tersebut tak sia-sia lantaran lockdown yang tidak efektif. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta untuk menyiapkan 31 wilayah isolasi terpadu dalam rangka mengantisipasi meningkatnya keterisian Wisma Atlet. Widyastuti juga memastikan fasilitas kesehatan DKI Jakarta telah bersiap menghadapi penambahan kasus aktif, di mana per tanggal 17 Mei 2021, Dinkes DKI Jakarta menyiapkan 6.633 tempat tidur isolasi dan 1.007 fasilitas ICU.

’’Hal itu sudah diputuskan dalam rapat komite bersama Wakapolri dan Wakasad,’’ urai dia. Dalam rapat tersebut juga disepakati upaya untuk menyeimbangkan penanggulangan pandemi dan pemulihan ekonomi. Pemerintah pusat justru mementahkan ucapan Anies yang sebelumnya menyebut kapasitas rumah sakit di DKI dalam kondisi kritis. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, kapasitas fasilitas kesehatan di ibu kota masih mumpuni. ’’Pemerintah menegaskan bahwa tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas.

’’Kami mengutamakan keselamatan warga di Jakarta yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Kemudian juga sebagaimana arahan Pak Presiden bahwa kita mengutamakan Daftar Slot Terpercaya keselamatan warga. Saat menghadiri rakornas Kadin, Airlangga menyebut keputusan Anies menarik rem darurat sangat berpengaruh terhadap perekonomian.

JawaPos.com – Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar memicu pro-kontra. Nadia meminta masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M dengan ketat yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta membatasi mobilitas. Opsi pertama yang mesti dilakukan agar tsunami corona tidak menerjang Jakarta, kata Miko, adalah melakukan lockdown. Semua kegiatan di dalam kota diberhentikan sementara, sehingga tidak ada mobilitas masyarakat yang dapat memicu penularan. Strategi seperti ini diyakini dapat menaklukkan musuh tak kasat mata itu.

Sehingga, Dicky menyarankan pemerintah untuk melakukan testing dan tracing dari rumah ke rumah. Dia menegaskan sampai saat ini pemerintah belum mengeluarkan kebijakan untuk “lockdown” whole baik di Jakarta dan daerah lainnya. Kasus Covid yang melonjak dari hari ke hari membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun langsung ke rumah sakit untuk memberikan dukungan kepada dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Informasi jakarta menerapkan lockdown pada 12 hingga 15 Februari 2021 tidak benar. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan tidak ada penerapan lockdown di akhir pekan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut bahwa virus Corona tak kenal waktu.

Lockdown Jakarta

Bahkan banyak yang memanfaatkan weekend liburan ke luar kota dan mengunjungi keluarga. Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi sempat menyebut bahwa pelaksanaan PSBB dan PPKM belum cukup efektif untuk menekan angka penyebaran kasus COVID-19. Menanggapi pernyataan Presiden Jokowi, DPR RI pun mengusulkan opsi lockdown akhir pekan yang dinilai lebih efektif dalam menekan angka penyebaran COVID-19. Menurut dia, ada 17 warga di RT 06/RW 01 Gandaria Selatan yang positif Covid-19. Mereka menjalani isolasi mandiri di delapan rumah yang berada di lingkungan tersebut. Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Jakarta.