Usaha sampingan saat pandemi

Meniti Karier Atau Melanjutkan Kuliah Lagi?

Bila Anda lulusan ilmu kelautan dan Anda lebih tertarik untuk melanjutkan jenjang akademisi di bidang yang sama. Setelah lulus dari jenjang berikutnya Anda bisa meniti karir menjadi seorang pengajar. Anda bisa menjadi seorang Dosen, Staff Ahli atau Peneliti baik di perguruan tinggi negeri atau pun swasta. BJ Habibie diketahui seorang lulusan S1 Keilmuan Teknik Mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung tahun 1954. Sejak di bangku kuliah, BJ Habibie sudah memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri. Karena itu pula ia selalu tekun belajar, meski pada awalnya sempat merasa pesimistis akan keinginannya tersebut.

Memilih jurusan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan serta minatmu dan bukan berdasar streotype yang berlaku. Kamu yang adalah anak pengacara sukses pun digadang-gadang untuk meneruskan biro konsultan hukum keluarga yang sudah terun temurun. Padahal jika boleh jujur menganalisa berkas acara hukum, berdebat dengan hakim, bahkan sampai mengirim orang ke penjara tak pernah ada dalam bayanganmu.

Kita brainstormingkan orang untuk mencari solusi dan jalan ke depannya. Nah, dengan itu biasanya berhasil,” jelas suami dari Rita Fransisca ini. Setelah menjadi Sous Chef, ia pun berturut-turut dipercaya menjadi Executive Sous Chef, Executive Chef, dan terakhir Director of Food and Beverage. Dalam acara yang dihadiri 200an orang mahasiswa yang berasal dari Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Kedokteran, FMIPA, FISIPOL dan Sekolah Vokasi tersebut, Daniel Miller memperkenalkan tentang PNS dan aktivitasnya. Jeremy Townsend memaparkan topik “The Role of Technology in Nuclear Security Culture”, sedangkan Dr. Jerry Eisele memperkenalkan Human Reability Program dari ORNL kepada para peserta. Acara dibuka dengan ucapan selamat datang dari Presiden INMM Student Chapter UGM, Samsiatun Mudzkiyah dan diakhiri dengan pengenalan 10 anggota baru.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meniti karier. Bahkan di zaman sekarang, jika hanya lulusan SMA saja masih sangat kurang, apalagi jika digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang bergengsi. Perusahaan tersebut pastinya tidak hanya membutuhkan onerous skill saja, melainkan juga soft ability.

Selain peluang kerjanya ada banyak, jurusan ini juga sangat cocok untuk lulusan apa saja. Sehingga, dengan memilih salah satu dari jurusan ini, diharapkan jumlah pengangguran masyarakat semakin berkurang. Ketika para mahasiswa mulai lulus dari bangku kuliah, hal yang dipikirkan setelah itu adalah bagaimana mencari kerja yang sesuai minat dan bidang yang ditekuni. Mencari pekerjaan pertama setelah lulus kuliah bukanlah pilihan yang mudah bagi mahasiswa. Setiap sarjana yang baru lulus pasti berharap agar bidang studi yang telah tekuni menjadi pedoman bagi karir mereka selanjutnya. Tetapi, hanya 27% mahasiswa yang lulus bekerja sesuai dengan apa yang dipelajari saat yang berkuliah.

Budi merujuk pada pengalaman dirinya sendiri saat mengikuti pendidikan di AMN dulu. Hal yang paling dirasakannya dalam proses pendidikan pembentukan militer itu adalah motivasi hidupnya yang berubah a hundred and eighty derajat. Mengubah motivasi dan paradigma berpikir orang, ungkap Budi, memang merupakan tujuan terpenting dari pendidikan AMN. Dia termasuk delapan peserta asal Manado yang dinyatakan lulus seleksi tahap lanjutan di Lembang dan akan menjalani proses pendidikan kemiliteran di AMN Magelang, Jawa Tengah. Selanjutnya, 16 peserta tes asal Manado tersebut harus mengikuti proses tes tahap lanjutan selama satu bulan penuh di kota Bandung, Jawa Barat, persisnya di kawasan Lembang.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak keahlian yang Kamu miliki. Jurusan desain sendiri ternyata juga memiliki prospek kerja yang terbilang bagus ke depannya. Melihat makin ke sini aspek visible dan estetika semakin diperhatikan dan berpengaruh besar, maka jelas dibutuhkan para ahli di dunia desain. Resiko yang mungkin kamu hadapi dengan memiliki kerja dan kuliah sekaligus adalah tidak fokus dengan apa yang kamu kerjakan, baik di kuliah maupun di tempat kerja. Dilansir dari Hipwee, pendidikan pascarsarjana yang diiringi dengan pengalaman kerja justru lebih bernilai ketimbang gelar Master itu sendiri. Pengalaman-pengalaman tersebut dapat membuat kamu tetap memiliki nilai lebih meski minim pengalaman kerja.

Meniti karir dari kuliah

Intensitas pertemuan mereka di lapangan olah raga tersebut ternyata menimbulkan benih-benih cinta di antara mereka berdua. Setelah lulus dari AMN di Magelang pada tahun 1968, Budi Harsono ditugaskan di Batalyon Infanteri 406, Gombong, Jawa Tengah, dengan jabatan Komandan Peleton . Yang mau dan mampu membela negaranya dengan segenap pikiran, jiwa, dan raga.

Data ini menyimpulkan bahwa lebih banyak lulusan universitas yang terjun ke lapangan kerja di bidang yang tidak sesuai ekspektasinya saat kuliah. Pengalaman kerja, sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk dibangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya. Jenjang karir, setiap orang memulai jenjang karirnya dari bawah lalu perlahan naik. Bila kita memulai meniti karir lebih awal maka kita dapat mencapai jenjang atas lebih dulu dibandingkan orang lain. Berbeda dengan lulusan kuliah tanpa pengalaman kerja, biasanya mereka mesti meniti dari bawah.