Usaha sampingan saat pandemi

Kerja Dari Rumah, Apa Saja Kelebihannya?

Hanya beberapa staf dan pejabat saja yang perlu masuk untuk koordinasi. Beberapa pejabat setingkat Direktur dan Direktur Jenderal tetap masuk karena WFH ini betul-betul darurat dan mendadak. Sehingga sebagian tetap masuk demi kelancaran pekerjaan Instansi keseluruhan. Rencana itu belum diimplementasi di 2020, wabah COVID-19 merebak. Penyebarannya begitu pesat, menjadi pandemik dan memaksa warga untuk mengurangi mobilitas.

Bahkan saat di kantor pun Anda tidak bisa terus-terusan mengawasi tim Anda. Kalaupun Anda bisa mengawasi mereka, belum tentu mereka bisa produktif. Hal ini dikarenakan himbauan dari Pemerintah terkait Covid 19 untuk menjalankan social distancing dan melakukan semua aktivitas dari rumah, mulai dari belajar, beribadah hingga bekerja.

Semisal, jika Anda tidak suka melakukan pekerjaan di siang hari, maka Anda bisa melakukan pekerjaan hanya di waktu pagi, sore atau malam. Dan siang bisa Anda gunakan untuk berkumpul dengan keluarga, keluar rumah atau beristirahat. Kebanyakan orang yang sukses bekerja dari rumah, mereka bekerja melebihi batas waktu dan ada juga yang malah kehilangan waktu untuk bekerja. Kedua, maksimalkan aplikasi untuk mengelola pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

Untuk kedua kalinya pemerintah memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah atau work from home bagi pegawai negeri sipil . Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 50 tahun 2020, PNS tetap bekerja dari rumah hingga 13 Mei 2020. Jangan lupa menetapkan waktu istirahat saat bekerja di rumah, yang mungkin terlupa karena terlihat seperti tidak sedang bekerja. Selain makan siang, pertimbangkan untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja.

Anda menginkan kebebasan untuk fokus, namun ruang terpisah bukanlah pilihan. Untungnya, kami memiliki suggestions yang tepat untuk membuat semuanya berfungsi dengan baik . Saat ini kerja dari rumah menjadi pilihan yang terbaik bagi sebagian orang untuk tetap bisa produktif. Anda memang bebas dalam menentukan konsep ruangan kantor di dalam rumah sesuai keinginan. Namun, desain yang dipilih harus memiliki kesesuaian dengan tema rumah secara umum.

Ketua tim sebaiknya tidak beranggapan bahwa tiap anggotanya memiliki semua fasilitas penunjang ini dalam kondisi yang baik. Sebaliknya, ketua tim justru perlu memastikan apakah tiap anggota tim memiliki fasilitas-fasilitas yang diperlukan dalam bekerja. Bila ada anggota tim yang tak memiliki fasilitas memadai, ketua tim perlu memberikan jalan keluar.

Bekerja santai dari rumah

Fimela.com, Jakarta Sudah hampir setahun sejak pandemi virus korona melanda, membuat kita memaksa bisnis dan industri untuk menutup kantor mereka dan terus bekerja jarak jauh untuk saat ini. Pengalaman kerja jarak jauh masih cukup baru karena banyak karyawan yang belum puas dengan ide tersebut. Maka, banyak yang akhirnya membuat kesalahan saat bekerja dari jarak jauh yang tanpa disadari memengaruhi produktivitas kerja mereka. berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bekerja dari rumah. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat orang bebas bekerja darimana saja.

Penggunaan peralatan pribadi saat bekerja dari rumah sering kali tidak terhindarkan. Untuk berbagai alasan, kadang menggunakan peralatan pribadi membuat karyawan dapat menyelesaikan tugasnya dengan lebih baik. Di sisi lain, peralatan pribadi yang tidak aman bisa membahayakan keamanan data perusahaan.

Dalam kerja Copy Paste semuanya sudah di sediakan, bahan untuk di copy dan tempat untuk paste, jadi ga usah bingung lagi. Jalannya seminar, diawali penayangan video profil Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi (DSK&E). Laboratorium ini berfokus menganalisis dan merancang suatu sistem kerja dan alat kerja menjadi ergonomis . Acara yang berlangsung hampir dua jam ini membahas tiga topik yang masing-masing dibahas oleh seorang pemateri yang ahli di bidangnya. Hartomo, M.Sc., Ph.D., Aplikasi Produktif selama WfH oleh Amarria Dila Sari, S.T., M.Sc., serta Tips Aktivitas untuk Mengurangi Beban Mental selama WfH oleh Chancard Basumerda, S.T., M.Sc.

Berolahraga singkat saat menjalani keseharian membuat Anda merasa segar dan lebih bersemangat sehingga produktivitas kerja meningkat. Sebaliknya, jangan membahas kehidupan pribadi saat bekerja, misalnya mengobrol dengan teman atau melakukan tugas rumah tangga yang memakan banyak waktu, padahal Anda seharusnya bekerja. Tanggapi panggilan telepon, pesan teks, dan surel pada waktu yang tepat agar atasan, rekan kerja, dan klien mengerti bahwa Anda sedang bekerja dan berusaha merespons dengan serius. Sempatkan mandi, menyikat gigi, menyisir rambut, dan melakukan aktivitas lain seperti sedang bersiap-siap ke kantor.