Usaha sampingan saat pandemi

Ingin Memulai Usaha Sendiri? Perhatikan 5 Hal Berikut

Apakah usaha Anda bergerak dalam bidang IT, desain, kuliner, penjualan barang, jasa atau usaha lainnya. Usaha yang akan Anda mulai ini tidak harus sesuai dengan bidang atau ilmu yang dikuasai, jika memang iya itu adalah nilai plus saja. Kuncinya adalah mau belajar, kerja keras dan pantang menyerah. Ada banyak faktor yang membuat usaha gagal, baik dari faktor inner diri sendiri dan juga faktor-faktor eksternal. Intinya, jangan biarkan kekurangan dana menghalangi impian Anda untuk memulai bisnis.

Baca juga kisah Hoghock yang sukses membuka cabang baru berkat pinjaman dana melalui Moka Capital. Jadi bagi Anda yang masih takut untuk memulai usaha, kini saatnya untuk merubah paradigma Anda. Hilangkan prasangka bahwa memulai bisnis dari nol adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Selanjutnya, bagi semua biaya-biaya tersebut dengan berapa hari dalam satu tahun Anda akan membuka usaha tersebut.

Raut wajahnya sedikit mengisyaratkan akan kelelahan usai melakukan aktifitas dari pagi hingga sore hari, namun ia tak menggubrisnya. Dari teras rumah yang sangat nyaman, Lian Entika Arief bercerita tentang manis pahitnya memulai sebuah usaha. Untuk membuat usahanya berhasil, mau tak mau seorang pengusaha harus selalu berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari calon pelanggan, calon rekan kerja, hingga sesama pengusaha lain. Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, Susi Pudjiastuti menyarankan para pengusaha untuk tak berhenti berinovasi. Menurutnya, sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain.

Cukup sediakan meja dan kursi serta banner yang bertulisan terima jasa gadai BPKB. Apalagi nilai jual properti selalu naik harga dari tahun ke tahun. Jika Anda memiliki pengalaman lebih dalam dunia properti dan mempunyai banyak koneksi rekan yang pastime dalam menginvestasikan properti. Kini Anda dapat membantu mereka dalam menawarkan berbagai produk properti nya pada semua orang. Dengan cara seperti ini, Anda akan mendapat bonus/tip jika berhasil dalam menjualkan atau menyewakan salah satu properti milik mereka. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan peluang seperti ini untuk mendapat keuntungan.

Memulai usaha dari bawah

Ini adalah bentuk usaha yang paling banyak diminati dan berjumlah cukup banyak di Indonesia. Banyak PT yang juga bekerja sama dengan pemerintah di Indonesia. Masing-masing badan usaha memiliki ketentuan modal dan perizinan yang berbeda. Berdasarkan UU pasal 40 tahun 2007, Kitab Undang-Undang Hukum Dagang , serta Kitab Undang-Undang Hukum Perdata , terdapat 5 perbedaan bentuk badan usaha di Indonesia. “Yang dulunya hanya bermodalkan kulkas rumahan kemudian bisa memutar modal untuk membeli kulkas field 1 buah yang menghasilkan omset perbulan sekitar Rp2 juta,” kata Lian Entika Arief.