LIP

Four Manfaat Vaksin Covid

Pada paru-paru akan menghasilkan cairan yang sangat banyak, sebagai akibat dari tersebut yang kemudian menghambat sistem pernapasan. BANDUNG, itb.ac.id – Belakangan ini, pembuatan vaksin untuk COVID-19 sedang banyak dilakukan oleh para peneliti atau ilmuan di seluruh dunia. Marselina I. Tan, Dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Beli Free Spin Hayati ITB membahas tentang pengembangan vaksin tersebut pada Webinar SITH Virtual Public Lecture #5 yang diselenggarakan Kamis, 25 Juni 2020. Selama masa pandemi, orang tua juga disarankan untuk tidak lupa memenuhi rangkaian imunisasi yang disarankan untuk anak dan bayi seperti vaksin BCG, polio, dan hepatitis B.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat diminta tidak hanya mengandalkan satu intervensi kesehatan saja. Upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tidak semata-mata menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan. Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah divaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Imunisasi adalah suatu upaya untuk membentuk atau meningkatkan kekebalan tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak, terhadap suatu penyakit. Tujuan pemberian imunisasi adalah untuk mencegah penyakit tertentu atau menghindari risiko munculnya gejala yang berat saat terserang suatu penyakit.

Apa itu vaksinasi untuk covid

Untuk mendapatkan manfaat vaksinasi COVID-19 yang satu ini, para ahli percaya dibutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksinasi. Vaksin COVID-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi kita dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara kita. Kelompok prioritas penerima vaksin adalah penduduk yang berdomisili di Indonesia yang berusia ≥ 18 tahun.

Belum lagi ada degenerasi sistem imunitas pada lansia yang menyebabkan pembentukan antibodi lebih lama ketimbang kelompok usia lebih muda. Sebuah penelitian dikeluarkan oleh Dagan, et al. di New England Journal of Medicine mengenai efek dari vaksin Pfizer setelah dilakukan vaksinasi masal di Israel. Penelitian ini memberikan harapan baru bahwa vaksinasi dapat mengurangi tingkat penularan COVID-19 di masyarakat. Hal ini didasari dengan hasil penelitian tersebut yang menyebutkan bahwa vaksin Pfizer dapat menurunkan risiko seseorang terkena asymptomatic COVID-19 atau kita kenal sebagai OTG sebanyak 92% setelah 7 hari paska pemberian dosis kedua.

WHO bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia untuk mempercepat setiap langkah di dalam proses ini, sambil memastikan bahwa standar-standar keamanan tertinggi dipenuhi. Ia berharap kegiatan vaksinasi COVID-19 di lingkungan LAN dapat melindungi seluruh pegawai sehingga dapat terus meningkatkan kinerja agar pelayanan birokrasi dapat terus berjalan dengan baik. Secara umum, Yusuf mengatakan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi seluruh pegawai LAN merupakan bentuk perlindungan bagi para pegawai serta tindakan nyata dalam pencegahan penularan virus COVID-19 di Indonesia. Sembari menunggu petugas juga akan memberikan penyuluhan tentang pencegahan COVID-19 dan vaksinasi COVID-19. Vaksin COVID-19 yang digunakan untuk pelayanan Vaksinasi COVID-19 harus telah mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Universitas Indonesia mengembangkan vaksin dengan platform DNA, mRNA, dan virus-like-particles. Universitas Gadjah Mada mengembangkan vaksin dengan platform protein rekombinasi. Universitas Airlangga mengembangkan vaksin dengan dua platform yakni adenovirus dan adeno-associated virus .

Selalu rujuk fakta dan saran dari sumber-sumber tepercaya, seperti otoritas kesehatan, PBB,UNICEF, dan WHO. Peta jalan vaksin corona ini untuk memastikan proses pengadaan vaksin, persiapan penyuntukan, hingga tahapan pelaksanaan penyuntikkan vaksin corona di masyarakat. Tujuan vaksinasi ini kiranya juga disematkan untuk penyakit Covid-19 akibat virus corona. Puasa bukan merupakan kondisi kontraindikasi pemberian vaksin COVID-19 sehingga vaksin COVID-19 tetap aman untuk diberikan kepada seseorang yang sedang berpuasa. Dosis dan cara pemberian harus sesuai dengan yang direkomendasikan untuk setiap jenis vaksin COVID-19. Tabel di bawah ini menjelaskan dosis pemberian untuk setiap jenis vaksin COVID-19.