Usaha sampingan saat pandemi

Eleven Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Yang Mudah & Praktis

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi dan BPD HIPMI Kalsel ke SMKN three Jalan Pramuka Banjarmasin, Jumat (24/2/17). Para siswa di sekolah itu antusias mendengarkan motivasi dari Ketua BPP HIPMI PT, Said Aldi Al Idrus dan Ketua Umum BPD HIPMI Kalsel, Gusti Ervin Wardhana, serta motivator, Nanang Mubarok. Drone ternyata bisa dimiliki untuk mencoba peluang bisnis yang cukup banyak.

Seperti, free of charge 1 kali pencucian setiap 15 kali cuci. Walaupun ini tidak banyak, orang akan tertarik dengan hal free of charge. Saya sarankan untuk tidak menggunakan karyawan dahulu dan buka di depan rumah anda.

Misalnya, kamu tidak punya tempat lain untuk berusaha selain rumahmu sendiri. Kebetulan, kamu punya garasi yang sekarang kosong tidak diisi kendaraan. Jika omzet ini konsisten, dalam sebulan kamu bisa meraup Rp13,5 jutaan, tapi belum dipotong biaya operasional ya. Kalau sebulan aja balik modal, maka warung makan memang bisa dikatakan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan sampai kapan pun. Sebut saja, dalam sehari orang yang makan di warung makanmu mencapai 30 orang, sementara itu, harga menu per porsi Rp15.000.

Dengan demikian, nantinya tidak akan ada masalah besar akibat perbedaan pendapat ketika bisnis dijalankan. Berbisnis itu jauh lebih seru apabila dijalankan bersama partner yang sama-sama antusias. Terutama untuk bisnis yang butuh banyak persiapan di awal, kalau dilakukan sendiri akan jauh lebih lama atau justru batal jalan.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Mungkin tidak sebesar ayam penghasilannya, namun pertimbangan lainya adalah saingannya jarang, pakanya murah dan lebih tahan penyakit dibanding ternak ayam. Jadi, tidak salah jika mencoba usaha beternak entok skala rumahan untuk usaha sampingan. Mengetahui bahwa motivasi tidak dapat dicapai hanya dengan menciptakan perasaan puas, karena banyak perasaan puas dapat menimbulkan puas diri dan kelambanan.