Mendapatkan tambahan dari sosial media

Bisnis Sewa Kost Semakin Populer, Ini Cara Membidik Goal Pasar Yang Tepat

Umumnya, orang lebih memilih untuk menyewa rumah kost yang dekat dengan kawasan lokasi kerja atau kuliah kalau rumah mereka jauh dari lokasi itu. Sebaiknya cek terlebih dulu harga pasaran tarif sewa kost-kostan agar harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal ataupun murah. Harga pasaran ini diketahui melalui mesin pencari google atau melalui situ pencari rumah sewa.

Apabila sebuah rumah kost terletak dekat dengan sebuah kampus atau kawasan perkantoran, harga sewa yang ditawarkan pasti akan lebih mahal. Dan ini adalah hal yang terjadi pada rumah kost di Jogja, kost-kostan Bandung, dan kost di Jakarta. Jadi, bisa dipahami bahwa bisnis kos-kosan yang dikenai pajak adalah usaha kos dengan skala yang cukup besar, yaitu memiliki jumlah kamar lebih dari sepuluh.

Minimal memiliki ruang yang terdiri dari ruang penggunaan pribadi, ruang bersama dan ruang pelayanan. Selain itu, bangunan tersebut juga dapat ditambahkan ruang penunjang dengan tujuan memenuhi kebutuhan kegiatan penghuni sepanjang tidak menyimpang dari penggunaan utama sebagai hunian. Sementara agar dapat dimanfaatkan, sebuah gedung juga harus memiliki Sertifikat Laik Fungsi (“SLF”). Untuk Anda yang ingin mendapatkan ideas dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Begitu juga dengan tempat kost, penyewa baru akan mempertimbangkan kost atau tidak di tempat tersebut setelah mereka mengetahui kondisi dan suasananya. Identiknya, ada biaya yang dikeluarkan untuk beriklan pada media-media tersebut. Untungnya, saat ini, ada juga cara beriklan yang murah, bahkan hampir tidak mengeluarkan biaya, tapi tetap efektif mendatangkan penghasilan pada bisnis yang dijalani. Hal ini umumnya terjadi jika penghuni kost adalah mahasiswa atau pegawai dengan gaji yang tidak terlalu besar.

Masalahnya pada sistem KPR harus ada sertifikat rumah yang menjadi objek pinjaman yang dijaminkan pada bank. Sementara dalam kasus membuat kos-kosan maka Anda belum memiliki sertifikat rumah karena toh rumah tsb belum jadi. Namun Anda tenang saja, karena produk perbankan tak hanya terbatas pada KPR saja, masih banyak produk lainnya yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah kredit modal kerja bila Anda memiliki agunan atau KTA . Yang perlu Anda persiapkan adalah persyaratan pengajuan pinjaman ke financial institution seperti rekening tabungan dan slip gaji 3 bulan terakhir.

Usaha kost-kostan

Karena bagaimanapun jika pengelolaannya tidak baik maka berakibat pada tidak betahnya penghuni kost. Kalau penghuni kost tidak betah maka pendapatan yang bisa diraih pun semakin berkurang. Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga menjadi faktor penentu harga.

“Bisnis rumah kost tidak hanya membuka banyak kamar saja, tapi juga harus memperhatikan terkait izin usahanya” Bisnis rumah kost memang merambah di daerah pusat perdagangan, industri dan kampus. Banyak orang mulai dari karyawan hingga mahasiswa membutuhkan rumah kost sebagai tempat untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama. Salah satu pertimbangan memilih rumah kost karena harganya lebih murah dibandingkan beli atau sewa rumah sendiri. Tingginya kebutuhan tempat tinggal tersebut menjadi peluang untuk mendirikan usaha rumah kost.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial, atau media iklan kost yang banyak tersedia. Apalagi jika rumah kost disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuni. Apabila lahan tempat berdirinya kos-kosan berada di lokasi yang dekat dengan aktivitas perkantoran atau kampus, permintaan akan kamar kost otomatis tinggi. Kalau soal cocok atau tidak itu sih tergantung bagaimana really feel ibu, yang penting kalau ibu rasa tanah/rumah tersebut so good di perasaan ibu dan sesuai harga pasar, saya rasa ambil saja.

Lantaran si penyewa akan mengontrak dalam jangka waktu yang tak sebentar, maka pemilik rumah harus pintar-pintar dalam memfilter calon penyewa yang baik. Harga rumah masih cukup tinggi, sementara pemutusan kerja yang semakin masif, membuat tak sedikit orang, terutama yang sudah berkeluarga, memilih menunda untuk membeli rumah. Tidak cukup sampai disitu, permudah komunikasi antara pemilik kost dengan penghuni dengan membuat grup kostan. Hal ini untuk mengontrol dan sebagai sarana untuk memberikan masukan dan saran dari penghuni dan pemilik kost.