Usaha sampingan saat pandemi

Alasan Memilih Usaha Kos

Selain sebab kondisi bangunan yang lebih terawat, adanya penghasilan rutin dari penyewa kost pun menjadi nilai tambah. Pada saat hendak memperoleh penghasilan pasif dari suatu rumah, terdapat dua opsi utama, yakni disewakan atau dikostkan. Karena dalil kepraktisan, pada lazimnya orang lebih memilih mengkontrakan rumahnya. Dalam menjalankan usaha lokasi tinggal kost memang tidak banyak lebih rumit dibanding mengkontrakan rumah, bakal tetapi penghasilan yang didapatkan juga setimpal dengan pengorbanan yang Anda sudah lakukan.

Hery mengatakan, bisnis rumah kos tipikal pendapatan pasif yang datang dari biaya sewa. Di luar itu, kenaikan harga properti dari tahun ke tahun terus bertambah sehingga pendapatannya bisa lebih besar lagi. Semula, Pajak Kos-kosan diatur secara umum layaknya pajak properti yang harus dibayarkan. Aturan tersebut terdapat dalam UU PDRD No. 28 Tahun 2009 pasal 1. Pada peraturan tersebut dijelaskan mengenai pajak lodge, yaitu berupa fasilitas penyedia jasa penginapan atau peristirahatan termasuk jasa serupa yang dipungut biaya. Hotel dalam perda pajak rumah kos tersebut diartikan secara umum, sehingga bisa juga sebagai motel, losmen, rumah penginapan, dan rumah kos (kos-kosan) dengan jumlah ruang tidur atau kamar lebih dari sepuluh.

Usaha kost-kostan

Penyanyi Dangdut, Cita Citata juga termasuk juragan kos kosan yang sukses. Dara cantik ini memang memilih untuk menginvestasikan penghasilannya pada bisnis ini. Kini Cita Citata sudah memiliki 11 pintu kos kosan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Arief Muhammad menjadi salah satu influencer yang juga kondang di Indonesia. Penghasilannya yang tidak sedikit diinvestasikan pada bisnis kos kosan. Jika banyak seleb yang memilih untuk membangun kosan di Jabodetabek, artis muda Indonesia ini justru memilih Jogja sebagai lokasi membangun kosannya.

Hospitality dan pengelolaan manajemen bisnis kamar kost memang menjadi relevan di tengah masa pandemi COVID -19. Dari data salah satu aplikasi yaitu Djuragan Kamar, kost yang telah memenuhi standart hospitality dan manajemen yang terorganisir dengan baik jauh bisa berkembang dan bertahan. Tapi yang jelas bisnis penyewaan kamar ini kini banya dijual dengan harga dari Rp 1 miliar sampai Rp 12 miliar. Kondisi ini terjadi lantaran kian tergerusnya tingkat huniannya. Pandemi international selama serahun ini akhirnya mendorong pemilik hotel dan restoran dan akhirnya ribuan kamar kost di Yogyakarta juga sudah mulai ditawarkan by way of online.

Ini akan lebih memudahkan calon penghuni kos-kosan anda untuk pergi kemana-mana tanpa takut mengalami kesulitan dalam mencari kendaraan umum. Selain itu, membangun kos-kosan ataupun kontrakan di Jakarta memang membutuhkan mental yang kuat. Ketika Anda sudah menentukan pilihan, sebaiknya mulailah dengan menyicil hal apa saja yang dibutuhkan agar supaya bisa ter-handle serta terorganisir dengan baik. Misalnya saja Anda bisa mempekerjakan orang lain yang bisa dipercaya untuk mengelola kos-kosan tersebut. Tetapi untuk urusan keungan, sebaiknya Anda sendirilah yang harus turun tangan. Peluang semacam ini tentu saja jangan sampai untuk dilewatkan begitu saja.

Rangkuman konten-konten pilihan untuk menjawab semua kebutuhan Anda. Memiliki rumah kecil tidak berarti kamu menghentikan kreativitas dalam mendekorasi inside. Tahun depan, Andi juga berencana untuk memperluas bisnisnya itu dengan membuka cabang baru di beberapa kota. Pemain yang dikenal kerap bertingkah kocak ini memang sudah memikirkan sejak awal untuk merintis usaha sebelum pensiun dari sepak bola.