Usaha sampingan saat pandemi

10 Karakter Entrepreneur Sukses Yang Patut Dicontoh

Pinjammodal.id – Sahabat Pinjam Modal, siapa sih yang tidak mau menjadi pengusaha sukses? Bisa memiliki usaha sendiri dan menjadi sukses memang menjadi impian sebagian banyak orang. Bayangkan jika kamu dapat membuka usaha, kamu bukan hanya bisa memiliki penghasilan untuk diri sendiri, tapi juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Adapun salah satu faktor mengenai hal itu karena kurangnya komunikasi dan bonding antara orang tua dengan anak. Terdapat cara yang mudah untuk preventif atau pencegahan, yaitu dengan orangtua membacakan buku sedari dini untuk anaknya. Konten menarik lainnya adalah tutorial make up, gaming, evaluation produk, dan konten makanan.

Merintis usaha sedari dini

Namun perusahaannya lambat laun mulai tampak lesu, banyak karywan yang di PHK. Dan Rangga menyadari kalau hal tersebut juga bisa terjadi padanya. Sebelumnya ia juga pernah berbisnis kecil-kecilan seperti penyewaan komputer, tapi bisnisnya pupus ditengah jalan. Dan karena ia suka makan, tercetuslah ide untuk usaha kuliner. Pecel Lele Lela memang sukses sekarang ini, tapi jangan dikira dibangun dengan perjalanan yang mulus. Ada perjuangan yang mengharukan yang mampu membuat kita berfikir bahwa bisnis tidak ada yang instan langsung sukses.

Padahal, pertama kali Anwar buka toko, pelanggannya bisa dibilang cukup banyak, tapi sekarang hanya satu atau dua orang yang datang. Mungkin karena sekarang musim liburan, banyak orang yang datang untuk membeli oleh-oleh untuk dibawa ke tempat asalnya. Prinsipnya harus selalu ada uang tunai yang cukup ketika memulai usaha, menyisihkan sebagian profit untuk antisipasi biaya tak terduga, dan tidak menggunakan uang modal untuk keperluan pribadi. Sebelum ada internet dan ecommerce, sangat sulit bagi seseorang pada usia 20an untuk memulai bisnis. Pinjaman bank dan jaminan properti tidak dapat diakses dengan mudah oleh calon pengusaha mudah. Ada artikel populer pada Thrillist yang menjadi viral di tahun lalu dengan memberikan daftar alasan mengapa Anda harus keluar dari pekerjaan mereka dan melakukan perjalanan di usia 20an.

Nilai uang kamu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Kalau dalam menabung uang kamu bisa diambil atau dicairkan kapan saja, beda ceritanya dengan investasi. Investasi adalah perencanaan keuangan yang sifatnya jangka panjang dan butuh proses serta waktu untuk mencairkannya. Namun sebagai bentuk penanaman modal, investasi sangat berguna untuk masa depan kamu.